Sempu Bromo - First Time Backpacking Ever Sebuah Langkah Awal (Part 1)

Sabtu, 29 Desember 2012, awal perjalanan backpacking ke daerah Malang - Jawa Timur, tepatnya ke Pulau Sempu dan Gunung Bromo. Ikut sertanya saya dalam perjalanan kali ini memang sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya atau lebih tepatnya empat bulan sebelumnya. Berawal dari menjadi anggota di komunitas Backpacker Indonesia (BPI) saya pun meberanikan diri untuk ikut, karena perjalan backpacking kali ini merupakan yang pertama bagi saya. 

Tiket Kereta Api pun sudah tiga bulan  sebelumnya telah kami dapat, maklum saja karena pergantian tahun banyak orang yang hilir mudik dari kota ke kampung halaman, tak ayal baru beberapa hari penjualan seluruh tiket di tanggal peak season pun habis terjual. Dan benar saja hari itu stasiun penuh oleh penumpang yang akan pulang ke daerahnya masing-masing. 

Perjalan kali ini saya dan sembilan orang lainnya berangkat dari St. Pasar Senen - Jakarta, dengan menaiki kereta Matarmaja dengan rute St.Pasar Senen - St. Kota Malang dengan waktu perjalanan sekitar 18 jam. Tepat pukul 14.05 WIB kereta yang kami naiki akhirnya meninggalkan St. Pasar Senen. 

Dalam perjalanan kami sempat mendapat serangan "orang jahil" yang menimpuki kereta kami dengan batu hingga kaca jendela hampir pecah, untungnya tidak menciderai salah satu diantara kami. Memang sering kejadian tersebut terjadi (daerah Cikampek) terang salah seorang petugas keamanan kereta.

"Backpacking dari Stasiun Pasar Senen"
St. Pasar Senen - Jakarta, 29 Desember 2012

"Stasiun Blitar"
St. Blitar - Blitar, 30 Desember 2012

Di kereta kami pun saling bercerita dan berbagi pengalaman khususnya dari backpacker "senior" yang telah melalang buana mulai dari naik turun gunung di Indonesia hingga ada yang berpergian ke luar negeri. Seru memang jika mendengar cerita pengalaman mereka hingga membuat saya terkena "racun" backpacking.

"Sunrise di Malang"
Sunrise - Malang, 30 Desember 2012 

"Sunrise di Malang"
Sunrise - Malang, 30 Desember 2012 

Sekitar jam 07.30 WIB kereta pun tiba di St. Kota Malang lebih cepat dari jadwal yang tertera pada tiket (07.45 WIB). Sesampainya disana kami segera mencari kamar mandi, maklum saja selama 18 jam perjalan di kereta (ekonomi) badan lengket oleh keringat...but those are art of backpacking :) hehehe. Setelah selesai mandi kami pun mencari sarapan pagi sebelum melanjutkan perjalan ke Pulau Sempu.

Budget
- Tiket Kereta PP (Jakarta-Malang-Jakarta) = Rp. 102.000,-/Orang
- Sewa Tenda = Rp. 50.000,-/orang
- Makan Siang = Rp. 12.000,- (@ St.Pasar Senen)
- Toilet = Rp. 2000,-/orang (@ St. Malang Kota)
- Makan Pagi = Rp. 10.000,-/orang (@St. Malang Kota)
Budget Total = Rp. 176.000,-

Tips
Pastikan membeli tiket H-90 sebelum keberangkatan jika berpergian pada musim liburan seperti tahun baru dan hari besar keagamaan lainnya.  
- Tetap waspada terutama ketika berada di daerah rawan tindakan penimpukan, terutama daerah Cikampek

No comments:

Post a Comment