Sempu Bromo - Perjalanan Ke Surga Tersembunyi (Part 2)

Minggu, 30 Desember 2012. Seusai mengisi perut dengan sarapan Soto Surabaya, kami bersiap-siap untuk meneruskan perjalanan. Sesuai dengan itinerary/rencana perjalanan, tujuan pertama kami adalah Pulau Sempu, sebuah pulau yang terletak di selatan pulau Jawa dan di dalamnya terdapat sebuah laguna/pantai di dalam pulau yang terkenal dengan nama Segara Anakan. Untuk mencapai  kesana kami menggunakan transportasi mobil bak yang telah kami pesan sebelumnya dari Jakarta. Untungnnya mobil tersebut sudah datang dan telah menunggu kami di depan Balai Kota Malang. Kami segera bergegas menuju Balai Kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari St. Kota Malang hanya beberapa menit dengan berjalan kaki. 

"Balai Kota Malang"
Balai Kota Malang - Malang, 30 Desember 2012

Sebelum kami melanjutkan perjalanan ke pulau Sempu, kami harus mengambil tenda terlebih dahulu yang sudah kami pesan jauh-jauh hari, karena kami berniat untuk menginap semalam di pulau tersebut. Sambil menunggu salah satu dari kami mengambil tenda kami juga menunggu salah seorang teman dari Jakarta, yang menyusul karena berbeda kereta keberangkatan. 

Sekitar pukul 11.30 kami pun meninggalkan Balai Kota Malang dan segera menuju pulau Sempu, untuk mencapai pulau tersebut kami harus menuju pantai Sendang Biru terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan perahu nelayan, lama perjalanan sekitar dua hingga tiga jam dari Kota Malang menuju pantai Sendang Biru. 

Selama perjalanan kami disuguhi dengan pemandangan yang cukup indah berupa perkebunan kelapa dan beberapa air terjun  yang tampak di kejauhan, karena untuk menuju ke pantai Sendang Biru kami harus melewati beberapa perbukitan karena letak pantai tesebut berada di balik bukit, beberapa kali kami pun sempat diguyur hujan sehingga terkadang harus buka tutup terpal. 

Kami tiba di pantai Sendang Biru sekitar jam 14.00,  dan segera menuju salah satu rumah warga untuk menitipkan beberapa perbekalan dan peralatan. Karena rencana kami akan bermalam di Segara Anakan, maka kami tidak membawa seluruh perbekalan dan peralatan dikarenakan cukup beratnya medan yang akan kami lewati berupa hutan konservasi yang cukup jauh sekitar 1,5 jam perjalanan dengan berjalan kaki. 

Kami disarankan oleh warga untuk menggunakan sepatu karet yang disewakan, karena jalur yang akan dilewati berlumpur akibat guyuran hujan, sehingga akan menyulitkan apabila menggunakan sandal gunung ataupun sepatu, akhirnya kami semua menyewa sepatu karet tersebut untuk memperlancar perjalanan ke Segara Anakan. 

Sebelum menyeberang ke Pulau Sempu, terlebih dahulu kami harus melapor kepada petugas konservasi, team kami didata dengan mengisi nama, asal, dan tanda tangan pada kertas yang disediakan dan di briefing terlebih dahulu oleh petugas. Hal tersebut dilakukan untuk pendataan pengunjung yang hendak memasuki pulau, karena belum lama ada sepasang suami istri yang tersesat di dalam pulau tersebut dan baru ditemukan dua hari kemudian. 

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti tersesat maka kami sepakat untuk menyewa seorang pemandu, terlebih lagi waktu kami akan menuju Segara Anakan sudah sore dan cuaca sedikit mendung. Setelah semua persiapan selesai kami pun naik ke perahu untuk menuju pulau Sempu. 

"Perjalanan ke Pulau Sempu Malang"
Pantai Sendang Biru - Malang, 30 Desember 2012

"Perjalanan ke Pulau Sempu - Malang"Langit Mendung Pulau Sempu - Malang, 30 Desember 2012


Budget 
- Sewa mobil bak (Malang-Sempu-Bromo)  = Rp. 100.000/orang
- Penitipan Barang (rumah warga) = Rp. 10.000,- (semalam)
- Penyewaan sandal karet = Rp. 10.000,-/orang
- Sewa perahu = Rp. 10.000,-/orang
- Makan Sore = Rp. 10.000,-/orang
- Jasa pemandu = Rp. 100,000 (share cost/team)
Budget Total = Rp. 150.000,-/orang

Tips
- Pesan tenda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan terutama ketika akan berpergian berbarengan hari libur seperti tahun baru. 
- Untuk menghemat transportasi lebih baik sewa kendaraan seperti mobil bak dari pada harus naik angkutan umum (beberapa kali naik, mahal, dan lama sampainya). Untuk sewa sama seperti tenda harus sewa beberapa bulan sebelum keberangkatan.
- Bawa perlengkapan dan perbekalan yang penting saja untuk ke Pulau Sempu, sisanya dapat ditinggal di rumah warga. Dikarenakan jalan yang akan dilalui cukup berat terutama kondisi sehabis hujan.
- Alangkah baiknya sewa sepatu karet untuk tracking perjalanan di pulau Sempu apabila kondisi habis hujan, untuk memperlancar perjalan ke Segara Anakan.
- Sewa pemandu mungkin lebih disarankan agar tidak tersesat terutama yang belum pernah pergi ke pulau Sempu.

No comments:

Post a Comment