4 Langkah Mudah Tembus Visa Schengen

Visa Schengen
Visa Schengen - Mendengar kata itu mungkin di benak kamu langsung berpikir untuk mendapatkan visa satu ini butuh usaha ekstra (uang, kerja keras, harapan dan mimpi pastinya), dan saya pun berpikir demikian. Dengan iming-iming bisa berkunjung ke benua biru 'Eropa' seengaknya seumur hidup sekali, kenapa tidak berani untuk bermimpi lebih?

Banyak mitos simpang siur mengenai Visa Schengen yang belum tentu benar dan hanya menjadi ketakutan banyak orang ketika mempunyai mimpi besar bisa pergi ke Eropa. Beberapa mitos berikut mungkin pernah kamu dengar mengenai Visa Schengen:

  • Harus memiliki tabungan lebih dari 50jt dan mengendap selama tiga bulan 
  • Punya keluarga, saudara atau teman di Eropa
  • Berpenghasilan puluhan juta dalam sebulan
Tapi jangan khawatir dulu dengan mitos-mitos diatas, karena gak semuanya itu benar dan gak sesulit yang kamu bayangkan selama ini tentang mendapatkan visa Schengen.

Fakta Visa Schengen
  • Berlaku di 26 negara Eropa, bisa dibilang visa sakti, sekali apply berlaku ke beberapa negara Eropa lainnya, pemegang paspor atau visa ini bisa masuk dan keluar bebas di antara negara-negara Schengen area, cocok buat kamu yang mau keliling Eropa.
"Schengen Area Countries"
Daftar negara Schengen area
  • Bisa apply di seluruh negara yang tergabung dalam Schengen area.
  • Beberapa negara terkenal susah untuk mengeluarkan visa ini seperti Jerman. 

Kenapa apply di Kedubes Belanda?
"All road lead to Rome - Banyak jalan menuju Roma" mungkin benar pepatah klasik itu, untuk menuju ke Roma Italia kita tidak harus datang melalui Italia atau membuat visa Schengen Italia. Takut-takut visa tidak keluar atau di tolak, kenapa tidak membuat visa dari negara tetangganya seperti Belanda yang jauh lebih besar kesempatan di approvenya. Untuk membuat visa Schengen Belanda, kita tidak harus membeli atau memiliki tiket penerbangan dengan tujuan utama Belanda. 

Jika tujuan utama kamu seperti Perancis atau Jerman dan tiket pesawat kamu juga tujuan utama Jerman, bisa saja kamu apply visa Schengen di Kedutaan Belanda, dengan cara kamu membuat tujuan utama kamu seolah-olah di Belanda, dengan bukti pemesanan hotel kamu lebih lama menghabiskan waktu di Belanda dan bukti pemesanan transportasi antar negara seperti bus atau kereta yang menunjukan kamu akan ke Belanda.

Baca juga: Tips Umroh Murah Gak Lebih Dari 10jt 

Dari beberapa negara Schengen area, Belanda terkenal akan kemudahannya dalam mengeluarkan visa Schengen khususnya kepada pemegang paspor hijau. Malah saat ini Belanda dengan tegas memberikan dukungan kepada Indonesia untuk bebas visa Schengen. 

Jadi option untuk kamu yang akan membuat visa Schengen bisa apply langsung di Kedutaan Belanda. 

4 Langkah Mudah Apply Visa di Kedutaan Belanda
1. Membuat Perjanjian Online
Sebelum kamu datang ke Kedutaan Besar Belanda, pastikan kamu sudah membuat perjanjian pembuatan visa secara online, jika kamu tidak mau diusir sesampainya di depan kedutaan Belanda oleh petugas keamanan karena belum membuat perjanjian sebelumnya.

Karena banyak orang yang memilih kedutaan Belanda, menjadikannya salah satu kedutaan favorit pembuatan visa, maka pihak kedutaan membatasi pendaftaran setiap harinya. 

Langkah Pendaftaran Online
  • Buka situs pendaftaran VISA online Kedubes Belanda, klik disini. Akan tampil pilihan menu seperti gambar dibawah, apakah sendiri, keluarga atau grup. Pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan kamu.
Individu | Keluarga | Grup 
  • Pilih hari dan jam kedatangan kamu ke Kedubes Belanda untuk proses penyerahan kelengkapan dokumen agar VISA kamu dapat diproses. Pilih kolom warna hijau yang masih tersedia. 
Pilih hari dan jam kedatangan
  • Isi form berbahasa Belanda seperti ini.
  • Setelah selesai mengisi form, nanti akan dikirim form aplikasi VISA melalui email, harus kamu isi dan bawa pada saat penyerahan dokumen di Kedutaan Besar Belanda.
2. Siapkan Dokumen
Setelah selesai mendaftar, kini saatnya kamu menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, karena akan menjadi salah satu penentu apakah aplikasi VISA kamu ditolak atau diterima, jangan heran pihak keduataan Belanda mensyaratkan beberapa dokumen yang tidak biasa dan berbeda dengan pengurusan visa yang pernah saya urus sendiri sebelumnya, seperti VISA Jepang. Berikut daftar dokumen yang harus kamu siapkan untuk aplikasi Visa Schengen di Kedutaan Besar Belanda.


"Kelengkapan Dokumen Visa Belanda"
Kelengkapan Dokumen Visa Belanda
  • Paspor
  • Bukti Perjanjian
  • Formulir Permohonan Aplikasi Visa
  • Asuransi Perjalanan
  • Reservasi Penerbangan
  • Bukti Pemesanan Hotel
  • Surat Keterangan Kerja
  • Bukti Keuangan
  • 1 Lembar Pas Foto

Paspor
Salah satu dokumen wajib yang harus dibawa yaitu paspor, karena tanpa paspor mau ditaruh dimana visa kamu nanti, bener gak? Pastikan jangan sampai tertinggal kalau kamu gak mau bolak balik buat mengurus visa. Dan pastikan paspor kamu masih berlaku minimum enam bulan setelah kamu keluar dari Eropa, jadi buat yang paspornya mau habis masa berlakunya segera urus yang baru biar Visa Schengennya ada di paspor kamu. 

Pas Foto
Nah untuk pas foto khusus visa Schengen banyak yang sering keliru sehingga harus foto ulang (termaksud saya sendiri). Pihak kedubes memiliki standar foto dengan detail berbahasa Belanda yang bisa kamu lihat disini. Tapi intinya sih muka kamu harus terlihat dengan jelas, bisa lihat contoh dibawah, sebelah kiri (contoh salah) foto 3 tahun lalu waktu apply visa Jepang dan sebelah kanan (contoh benar) foto 3 minggu yang lalu, foto langsung di Kedubes Belanda gara-gara salah format foto awal, bayar 50rb dapet 4 lembar dan gak dapet softcopy di CD. 


"Standar foto Visa Belanda"
Foto Kiri (Salah) | Foto Kanan (Benar)
Formulir Permohonan
Isi dan bawa formulir permohonan yang sudah di email, jangan lupa tanda tangan di lembar kedua dan ketiga. 

Asuransi Perjalanan
Untuk menjamin perjalanan selama di Eropa nanti berjalan dengan lancar dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka pihak kedutaan mewajibkan memiliki asuransi perjalanan. Banyak asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih, seperti AXA Mandiri, AIG, Zurich dll. Semakin lama perjalanan kamu di Eropa maka semakin mahal pula asuransi yang akan kamu bayar nanti. 

Bukti Pemesanan Hotel
Dokumen satu ini untuk menjamin kalau kamu tidak tidur di sembarang tempat ketika berada di Belanda, tidur di emperan misalnya. Harga sewa hotel atau hostel di Belanda memang relatif mahal, tapi jangan khawatir, kalau kamu belum punya uang untuk membayar sewa hotel. 

Saat ini banyak situs booking hotel online yang menyediakan fitur pemesanan kamar tanpa harus membayar uang muka dan bebas biaya pembatalan sebelum masa jatuh temponya. Buka saja situs pemesanan hotel seperti booking.com atau agoda.com, banyak beragam pilihan hotel yang memberikan bebas biaya pemesanan dan pembatalan. 


"Booking Hotel by Hostel.com"
Contoh pemesanan bebas biaya uang muka dan biaya pembatalan di booking.com
Reservasi Penerbangan
Lagi-lagi pihak kedutaan mau memastikan kalau kamu akan kembali lagi ke tanah air tercinta Indonesia, gak ada maksud lain ketika sudah berada di Belanda seperti ingin menjadi pekerja ilegal disana. Untuk dokumen reservasi pesawat, buat yang gak berani ambil resiko, semisal beli tiket dulu baru urus visa (seperti saya, beli tiket promo dulu baru buat visa, walau agak sedikit beresiko kalau visa ditolak tiket promo pasti akan hangus). 

Beberapa maskapai atau agen perjalanan biasanya bisa diajak kerja sama untuk masalah pemesanan tiket pesawat bodong alias fake alias palsu, tentunya dengan mengeluarkan beberapa rupiah sebagai uang kerja sama. Dan pastikan dokumen pemesanan pesawat sudah kamu dapat ketika hendak membuat visa, agar tidak langsung ditolak pengajuan visa kamu.

Jejak terkait : 6 Tips Berburu Tiket Pesawat Promo Murah

Surat Keterangan Kerja
Lagi, lagi dan lagi dokumen yang akan memastikan kamu akan balik ke Indonesia, kali ini surat keterangan kerja dari kantor kamu bekerja, contoh surat keterangan kerja bisa kamu download disini

Mungkin kamu yang sedang gak kerja akan bertanya gini, "Kalau gue gak kerja dan cuma punya bisnis ternak babi ngepet beromset 500jt per hari gimana?" lah malah bagus menurut saya, kamu tinggal tunjukin aja di dokumen selanjutnya untuk rekening koran tabungan kamu, tentunya dengan saldo yang sesuai dengan omset bisnis kamu. Atau dengan menunjukan surat keterangan bisnis kamu seperti NPWP perusahaan kamu. 

Rekening Koran Bank
Nah dokumen satu ini yang biasa menjadi salah satu ancaman bagi mereka yang pengen banget ke Eropa tapi sudah down duluan ketika mendengar selentingan pertanyaan "Hah, lw mau ke Europe? Banyak dong tabungan lw, setahu gw harus ada saldo sampe 50jt deh?" please deh jangan coba langsung percaya, karena pihak keduataan Belanda sendiri cukup memberikan syarat kalau kamu harus memiliki uang minumum 34 per hari, kamu kali aja dengan berapa lama kamu akan berada di Eropa dan kalau bisa dilebihkan sekitar 30% dari total keseluruhan jangan di pas banget. Contoh simulasi perhitungan seperti dibawah :
Simulasi perhitungan minimum saldo (dikali dengan rate Euro 16rb)
Jadi jika kamu mau berada di Eropa selama 15 hari, seenggaknya minimum saldo tabungan kamu harus berada di atas 10jt dan jangan dibawah itu. Dan jangan ada uang masuk langsung dalam jumlah besar, apalagi beberapa hari sebelum kamu print rekening koran, karena akan membuat pihak Kedubes curiga. Baiknya, jika ternyata kamu butuh suntikan dana maka coba transfer satu atau dua bulan sebelumnya agar terlihat mengendap. 

Bukti Pemesanan Transport Pindah Negara
Dokumen yang satu ini sebagai dokumen bukti tambahan yang biasanya akan diminta oleh pihak Kedubes kalau kamu hendak pindah dari satu negara ke negara lain. Apalagi kalau kamu akan bepergian seperti saya, menghabiskan beberapa malam berada di bus untuk berpindah negara, jika kamu belum berani untuk booking bus atau kereta di Eropa, cobalah seperti pemesanan tiket pesawat untuk mencari reservasi aspal (asli tapi palsu). Untuk referensi kamu dapat menghubungi staf eurobytrain.com (CP Mba Erlina: 0856 8256 836) untuk reservasi transport selama di Eropa, cukup membayar €5 kamu sudah bisa mendapatkan reservasi tiket kereta aspal.  


Contoh reservasi aspal rute Barcelona ke Madrid
3. Penyerahan Dokumen
Setelah mendaftar dan seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah kamu lengkapi, kini saatnya menyerahkan semua dokumen langsung di Kedubes Belanda. Datang sesuai dengan hari dan jam yang kamu pilih sebelumnya pada pendaftaran online. Usahakan datang lebih awal, 30 menit lebih awal dari waktu yang kamu pilih. Lokasi Kedubes Belanda Jakarta berada di daerah Kuningan, dekat dengan halte Busway Kuningan Timur, cukup jalan 5 menit langsung sampai, lihat map Kedubes Belanda disini.

Pintu masuk untuk urus visa berada disebelah kanan, siapkan print bukti perjanjian online yang dikirim melalui email kemudian tunjukkan pada petugas keamanan agar kamu boleh masuk karena sudah membuat perjanjian sebelumnya. 

Prosedur masuk disetiap kedutaan hampir sama, pertama kamu akan di periksa melalui mesin screening metal detector guna memastikan kamu tidak membawa senjata berbahaya dan barang bawaan kamu seperti tas juga akan diperiksa. Lalu langsung masuk di ruang tunggu sementara, lapor ke petugas kalau kamu sudah hadir, nanti petugas akan tanya semua dokumen yang sudah kamu siapkan apakah sudah lengkap semua atau belum, jika ada yang belum ada, maka petugas segera menyuruh untuk melengkapi terlebih dahulu. 
Kelengkapan Dokumen Visa Schengen
Dan petugas juga akan meminta kamu menunjukan foto yang akan digunakan untuk apply visa, apakah sesuai dengan standar yang di syaratkan atau tidak, jika tidak sesuai maka petugas akan langsung meminta foto lagi, di ruangan yang sama jasa foto sekaligus cetak sudah disediakan.

Jika semua dokumen lengkap semua, petugas akan mencatat nama kamu, tunggu beberapa menit hingga nama kamu dipanggil untuk diberikan kunci loker. Setelah nama kamu dipanggil dan diberikan kunci loker, taruh semua barang bawaan kamu termaksud handphone dan segala jenis gadget yang kamu bawa dalam loker.

Masuk kedalam sebuah ruangan dengan beberapa kursi tunggu didalamnya, nanti security akan memberikan nomor antrian untuk penyerahan dokumen. Tunggu dan duduk manis beberapa menit hingga nomor kamu muncul di salah satu dari tiga loket yang tersedia. Serahkan semua berkas yang sudah kamu siapkan, nanti petugas akan dengan teliti memeriksa semua kelengkapannya dokumen. Dan biasanya akan menanyakan tujuan kamu ke Belanda dalam rangka apa? Sekedar mau jalan-jalan, bertemu sanak keluarga atau mencari jodoh di Belanda. 

Jika seluruh dokumen lengkap semua, maka kamu akan disuruh tunggu kembali untuk pembayaran visa sebesar 60 (Rp.850rb rate saat itu) bisa menggunakan rupiah. Jika sudah membayar pembuatan visa, petugas akan memberikan bukti pembayaran sekaligus bukti pengambilan visa, dapat diambil setelah 14 hari kerja sesuai dengan tanggal dan jam yang sudah ditentukan untuk proses pengambilannya.

4. Pengambilan VISA
Setelah 14 hari kerja kini tiba saatnya mengambil paspor kamu dan lihat apakah visa kamu sudah bertengger di halaman paspor kamu atau sebaliknya. Pada tahap ini mungkin jantung kamu akan dibuat berdegup kencang khawatir kalau visa kamu ditolak, tapi asal kamu sudah melengkapi seluruh syarat yang diperlukan, peluang visa kamu diterima seharusnya sudah diatas 90%. 

Untuk proses pengambilan visa di Kedutaan Belanda, prosesnya sama seperti penyerahan dokumen, jika kamu tidak dapat langsung mengambil visa dapat diwakilkan dengan memberikan surat kuasa serta foto copy KTP pemilik visa dan bukti pengambilan visa yang sudah diberikan ketika mendaftar. 
"Schengen Visa"
Visa Schengen, visa sakti untuk keliling Eropa 

56 comments:

  1. Mantabbb bgt masss infonyaaa.....detail bgtttt!!! Makasih yaahh mas,infonya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga udah baca :)

      Delete
  2. Selamat siang, sebelumnya terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat tersebut. Saya ingin bertanya, dulu waktu Anda mengajukan permohonan visa melalui kedutaan Belanda, berapa jumlah tabungan dalam rekening yang digunakan untuk syarat apply visa? Jawaban anda akan sangat membantu sekali. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. gile lu ndro.... next trip kmn dro... ikut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umroh backbacker nyok .... :)

      Delete
  4. Permisi Admin, mau tanya, klo ngurus Visa Schengen di Dubes Jerman, perbedaanya apa ya ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas ngurus di Dubes Jerman itu lebih sulit ^^v

      Delete
  5. Trimakasi banyak mas utk artikel ny yg sunguh2 membantu sekali dlm informasi nya, saya mau nanya itu beneran per hari 34 euro, trs mas kmrn asuransi perjalanan ny pakai apa dan brp biaya ny, lalu jika ingin pindah negara apa saja syarat nya yg harus dilampirkan , trimakasi banyak dna maaf banyak nanya

    ReplyDelete
  6. Trimakasi banyak mas utk artikel ny yg sunguh2 membantu sekali dlm informasi nya, saya mau nanya itu beneran per hari 34 euro, trs mas kmrn asuransi perjalanan ny pakai apa dan brp biaya ny, lalu jika ingin pindah negara apa saja syarat nya yg harus dilampirkan , trimakasi banyak dna maaf banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Di website kedutaan besar Belanda memang disyaratkan minimum 34 per hari, tapi better ditambah 10% jangan di pas.

      2. Kemaren pake asuransi AXA Mandiri yg premi nya 25USD (ada promo) normal bisa 30-50USD.

      3. Syaratnya harus punya booking transportasi yang dipake (pesawat,kereta,bus dll) dan reservasi hotel di negara berikutnya.

      Delete
  7. Gan, boleh dunk nyontek itenarary nya dulu?
    Dr negara mana kemana brp hari n hotel dll, please.. Masih ada dunk berkas2 berharga nya 😊
    Hehehe, thanks sebelumnya yah..

    ReplyDelete
  8. dirimu udah balik dari eropanya?

    ReplyDelete
  9. Mas numpang tanya kalo teman saya paspornya polos blm ada cap negara lain, bersih.. apakah peluang nya sama mudah nya dengan bukti tabungan minim sesuai syarat dll..
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  10. Kalau paspor masih kosong asal syarat-syarat dan tujuan jelas mau ngapain disana, 90% tembus seharusnya, saldonya ditambah lagi klo bisa biar kesempatannya lebih besar lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak Mas atas pencerahan nya. :))

      Delete
  11. mas, numpang tanya yah, kalau kita buat visa di kedutaan belanda, terus ada perubahan plan dan tidak jadi ke belanda bakal problem ga yah?

    ReplyDelete
  12. Ga masalah, karena visa schengen mencakup 25 negara Eropa...antisipasi siapin bookingan hotel taku2 ditanya pas imigrasi

    ReplyDelete
  13. Hi mas. Boleh sharing, klo apply visa di dubes Belanda tp nnt nyata nya kt mendarat pertama di Jerman,apkah tdk ada mslh di imigrasi Jerman Karena visa kt dr dubes Belanda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah Mba...asal pas mau buat visa buat itinerary fiktif aja kalau mba nya mau stay lama di Belanda bukan di Jerman.

      Contoh itinerary selama 7 hari, Belanda 4 hari, german 3 hari...buat seolah lama tinggal di Belanda.

      Delete
  14. maksudnya booking hotel di belanja untuk ditunjukin pas mau masuk europa yah? kalau sekarang itu pengajuannya harus lewat vfs yah? Mas, kalau bukti keuangan pakai reksa dana bisa ga yah? terus boleh minta alamat web yang ada tulisan mengenai syarat keuangan? maaf banyak tanya ya Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang lewat VFS, udah ga bisa langsung di kedubes Belanda.
      Kurang tau klo pake reksa dana bisa atau ngga, mereka liat jumlah saldo buat mastiin klo di Belanda ga kenapa2. Untuk syarat keuangan waktu itu saya liat di web embasy belanda, sekarang udah ga ada link nya.

      Delete
  15. Mas nanya donk..klo ga ada siup tdp..ga ada npwp jg..tp ada online shop yg aktif.. penggantinya apa ya? Buat essay yg jelasin ttg usaha ini ya? Pny contohnya mgkn mas? Makasih sblmnya..

    ReplyDelete
  16. Mas birth of certification harus di translate ke English atau Dutch gak sih?

    ReplyDelete
  17. Mas kalau birth of certification nya harus di translate ke English atau Dutch gak sih?

    ReplyDelete
  18. Ajie Nugraha19/01/2017, 01:02

    Halo mas mau tanya saya udah ada visa schengen keluaran belanda, tapi nanti masuk pertama kali dr norwegia dan tiket nya udah di beli pp, bakalan masalah ga? kita juga ada rencana ke belanda cuma 3 hari aja ga lama.

    ReplyDelete
  19. Mau tanya dong mas kl rek tab bisa gak yach tp pasif melebihi dari standar yg di tentukan

    ReplyDelete
  20. Mas mau nanya, jika Kita mau buat visa Schengen Di dubes belanda. Tapi Kita Sudah Ada keluarga yg akan menjadi sponsor Kita selama Kita stay Disana. Trus dokumen Kita Cuma nanya Ada passport, asuransi, Dan tabungan Sekitar 10jt. Itu Gimana ya?apakah visa Kita bisa Di approve? Terima kasih.

    ReplyDelete
  21. Mad klo mau buat visa Tapi Kita Sudah Ada sponsor family Disana Gimana ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Halo mau tanya, awal bln lalu buat visa unt ke spanyol dan di tolak. Rencananya dlm 2 minggu ni mau cba apply visa ke belanda. Apakah bisa? Kemungkinan nya gmn? Makasi

    ReplyDelete
  23. Permisi mas.. mau tanya apa buku tabungan asli nanti ditunjukkan saat interview dan penyerahan data..? Atau hanya copy saja..?

    ReplyDelete
  24. Hi mau tanya, saya mau pergi dengan kedua orang tua saya, kita juga dapat invitation dari saudara saya di Belanda. Untuk visa saya apply untuk liburan atau kunjungan keluarga ya? Dan apa sekarang untuk apply schengen visa di kedutaan belanda seperti KK, KTP, Akta Nikah harus di translate ke Bahasa Inggris?

    ReplyDelete
  25. Halo mas mau tanya, kalau misal apply visa via VFS (Belanda) tapi nyatanya kita cm stay di jerman aja apa nanti masalah di imigrasi jermannya? Secara visanya tertera dpt dari kedubes belanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya mw nnya juga, apakah bakal bermasalah ya ntar?

      Delete
  26. halo mas saya mau tanya, saya rencana mau ke paris tgl 8-23 agustus. saya sudah ada tiket pesawat (asli) dan asuransi perjalanan. pertanyaan saya banyak mas mohon di jawab ya.
    1. tujuan airport saya adalah ke frankfurt, apakah saya bisa pengajuan ke kedubes belanda? tujuan saya adalah ke paris karna ada teman disana
    2. untuk itenenary perjalanan apakah di perlukan?
    3. posisi status saya masih calon mahasiswa mas, tetapi saya adausaha kecil kecilan online gitu. untuk surat keterangannya haruskah bikin palsu?
    4. bisa kasih contoh itinenary perjalannya mas? maaf mas masih awam banget bingung mau memulai dari mana

    terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa, klo mau apply di kedubes Belanda, usahakan di itinerary buat stay paling lama di Belanda, seperti contoh kamu mau stay 14 hari, usahakan buat 7 hari stay di Belanda sisanya di negara yg lain.

      2. Diperlukan.

      3. Kalau masih kecil agak susah, usahakan cari sponsor dari sana, klo ga minta tolong orang tua untuk deposit tabungan dengan jumlah besar.

      4. Itinerary dibuat standar saja, bisa googling buat lebih jelasnya.

      Delete
  27. Tidak masalah, karena untuk masuk ke dua negara tersebut pake visa yang sama yaitu schengen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, butuh konfirmasi nih. Jadi selama saya uda dapet visa Schengen dari Belanda, walo pada akhirnya nanti saya hanya ke Italy saja, tidak akan dipermasalahkan oleh imigrasi Italy ya? Makasi

      Delete
  28. Hallo pagi mas jiono , Mas mau tanya .
    Agak enggak mudeng waktu di bagian ke Belanda (maklum baru mau coba buat)
    "Jika tujuan utama kamu seperti Perancis atau Jerman dan tiket pesawat kamu juga tujuan utama Jerman, bisa saja kamu apply visa Schengen di Kedutaan Belanda, dengan cara kamu membuat tujuan utama kamu seolah-olah di Belanda, dengan bukti pemesanan hotel kamu lebih lama menghabiskan waktu di Belanda dan bukti pemesanan transportasi antar negara seperti bus atau kereta yang menunjukan kamu akan ke Belanda."

    Nah di bagian ini , buat tiket dan hotel aspal ? Atau bagaimana ?

    ReplyDelete
  29. Mas kalo ke jerman dibiayai perusahaan apakah saldo rekening koran pribadi juga mempengaruhi, soal saya sdh punya referensi bank dan rekening koran perusahaan. Tapi yang pribadi juga harus dilampirkan ya..? Soalnya pas kemarin bikin refensi bank dan minta rekening koran pribadi saldo pas sangat minim, hampir nihil..
    Tks..

    ReplyDelete
  30. halo kak. saya mau nanya, saya mahasiswa umur 21 tahun, rencana pengen ke jerman cuma mau apply visa belanda. saya mau nanya, kalo rekening pake rekening ortu ato rekening kita sendiri boleh? soalnya kan saya mahasiswa, tapi memang saya akan pergi dengan uang sendiri walopun belom kerja.

    ReplyDelete
  31. mas kalo tiket kereta antar negara di eropa mesti dilampirkan?...kemarin waktu anda apply ditanyakan atau engga ? thanks

    ReplyDelete
  32. Hello saya mau nnya, kalau saya apply visa belanda.. tapi tujuan utama saya paris.. dan mgkn ga kebelanda apakah boleh ya? Kalau sya tidak kebelanda tapi apply di kedubes belanda.. apakah bakal ketauan ya?

    ReplyDelete
  33. Hello sya mau nnya.. kalau saya apply visa dikedubes belanda, tapi saya tidak kebelanda apakah bole ga ya?bakal ketauan ga ya? Takutnya next kalau mau apply dikedubes belanda malah ga dikasi.. saya tujuan utamanya keparis dan mgkn ga kebelanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal itinerary seolah lama stay dibelanda dan gak mencurigakan

      Delete
  34. Mau tanya visa nya di berikan untuk waktu stay berapa hari / bulan ? apakah bisa bisa mengajukan multiple entry ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu saya dikasih 3 bulan, ada yg multiple entry juga

      Delete
  35. Selamat siang. Saya apply visa shangen melalui kedutaan belanda, dan ketika di telfon dari pihak kedutaan saya lagi ada masalah alias galau karena urusan pribadi, jadi jawaban yang saya berikan ketika di telfon kedutaan sefikit ngaco, kira2 itu ngaruh d approve visa saya ngga yaaaa, hiks... tambah galau deeh sekarangg

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung mba, klo ngaco nya bener2 ngaco gak akan di approve...ahah

      Delete
    2. Ngaco nya lumayan parah sih, saya lupa mulai bekerja dari tahun berapa, dan agak gugup bicara karena gak konsen , hiks...
      Bantuin berdoa biar bisa di approve ya visa saya... semuanya yang baca tulisan saya ini.... plsssss pray for my visa ;) , berkunjung ke eropa adalah bagian mimpi besar dalam hidup saya, ingin melihat indahnya dunia selain indonesia raya tercinta
      Visa oh visa

      Delete
    3. Aamiin mba...semoga dimudahkan, dilancarkan dan issued VISA Eropa nya

      Delete
  36. Mas mo tanya
    1. kalo ibu rumah tangga gimana kan gak punya NPWP..
    2. kl ad undangan dr belanda kebetulan kakak,apkh intenary nya tetap perlu dilampirkan n booking trasportasinya ? Krn disana diantar kakak...
    3. Apkh bl ingin ke london...visa nya buat jg dr indo...stay di Belanda

    Terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bantu jawab ya Mba,

      1. Pinjem NPWP suaminya + rekening korannya juga
      2. Klo pindah negara better pake booking juga
      3. Ya, harus buat juga karena London (inggris) bukan termaksud negara bebas visa schengen

      smoga membantu...

      Delete
  37. halo mas, saya mau tanya..
    1. apa setelah kita nyerahin visa ke kedutaan pihak kedutaan pasti akan tlp kita? itu tlp di tmpt kerja ato via hp saja?
    2. skr ini saya bekerja pada orangtua krn kebetulan orangtua saya punya usaha, trs nanti di surat rekomendasi kerja ditulis sbg employee ato sebagai anak saja?
    3. saya rencana di eropa 1 bln tp saya cm buat itenary 2mgg, trs seandainya saya dikasih stay 30hr apa bisa saya stay disana bener2 30hr? soalnya kan di itenary sm asuransinya cm 2mgg?
    makasih banyak sebelumnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bantu jawab ya Mba...
      1. Saat saya apply tidak ada telp dari pihak kedutaan, apabila ada dokumen yg tidak lengkap kemungkinan akan ditelp untuk melengkapi.
      2. Better sebagai employee
      3. Bisa, tidak pengaruh dengan itinerary, better asuransi dibuat menjadi satu bulan bukan dua minggu...

      semoga membantu...

      Delete